TENTANG KECAMATAN WARU

GEOGRAFIS

Kecamatan Waru merupakan daerah perbatasan antara Sidoarjo Selatan dengan Surabaya dan merupakan daerah yang mengalami perkembangan pesat. Selain letaknya yang strategis, dengan adanya berbagai potensi seperti di sektor industri, perdagangan, serta usaha kecil dan menengah daerah serta dukungan sumber daya manusia (SDM) yang memadai, maka Kecamatan Waru menjadi salah satu daerah strategis bagi pengembangan perekonomian.
Luas wilayah Kecamatan Waru adalah 3.032 Hektare dengan ketinggian rata – rata 5 m dpl, di mana sebagian besar merupakan tanah kering ( 2450,67 Ha) dan tanah sawah seluas 581,58 Ha. Kecamatan Waru terdiri dari 17 Desa dengan klasifikasi Desa swasembada, merupakan daerah penyangga karena terletak di perbatasan Sidoarjo – Surabaya. Ke-17 Desa tersebut mencakup 144 RW dan 767 RT, di mana beberapa RT mengalami pemekaran karena pesatnya perkembangan penduduknya. Adapun batas – batas wilayah kecamatan Waru adalah :

 Sebelah Utara : Kota Surabaya
 Sebelah Timur : Kecamatan Sedati
 Sebelah Barat : Kecamatan Taman
 Sebelah Selatan : Kecamatan Gedangan

Karena merupakan perbatasan antara Surabaya dan Sidoarjo, maka banyak tumbuh lokasi – lokasi perumahan dan industri baru yang berdampak pada kurangnya lahan – kahan pertanian. Kondisi ini antara lain disebabkan semakin berkurangnya lahan-lahan untuk sektor pertanian.